RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) BAHASA INDONESIA KELAS TINGGI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Description: D:\unisnu_flat_jpg(1).jpg

Laporan ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi
Dosen Pengampu Dwiana Asih Wiranti, M.Pd.
Kelas 5PGSDA2

Oleh
Kelompok 6
No
Nama
NIM
1.
Irfan Fathur Rahman
171330000051
2.
Ulfa Meila Efiana
171330000063
3.
Intan Ayu Lestari       
171330000076
4.
Ahmad Wildan Faza
171330000088
5.
Avelia Ayu Diah Lestari
171330000091

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA

2019


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SDN 01 Permata Bangsa
Kelas/Semester         : IV (Enam)/1
Tema                         : Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan

Subtema                    : Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan

Pembelajaran             : Pembelajaran 1
Alokasi Waktu          : 1 Hari (2 x 35 Menit)
                                                                                                         

A.      Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan factual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.    Menunjukkan  keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.




B.       Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.4     Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4     Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

C.      Indikator
Bahasa Indonesia
3.4.1   Menentukan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran.
4.4.1   Mengidentifikasikan informasi pada peta pikiran melalui tulisan.

D.      Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menentukan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
2.    Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.

E.       Materi Pembelajaran
Informasi penting dari teks dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

F.       Metode dan Pendekatan Pembelajaran

Metode                 :  

Ceramah, Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab, dan     Permainan.


Pendekatan          :

Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi/Mencoba, Mengasosiasi/Mengolah Informasi, dan Mengkomunikasikan).

Strategi                 :
Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir

Model                   :
Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions).


G.      Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Media
a.    Teks bacaan sejarah
b.    Media pembelajaran “BUSERTANG (Buku Sejarah dan Ular Tangga”
c.    Kertas pertanyaan
2.    Alat
a.    Kardus
b.    Sterofom
c.    Double tip
d.   Dadu
e.    Lem
f.     Penggaris
g.    Gunting
h.    Spidol
i.      Pin
j.      Sampul
3.    Sumber Belajar
a.    Buku Pedoman Guru Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
b.    Buku Siswa Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).

H.      Langkah-langkah Pembelajaran
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam, menyapa siswa, dan menanyakan kabar siswa.
b.    Siswa berdo’a bersama dengan dipimpin oleh salah satu siswa dan dibimbing oleh guru kelas.
c.    Guru mengecek kehadiran siswa dengan melakukan absensi.
d.   Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.
e.    Guru menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
f.     Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia.
g.    Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan semangat nasionalisme dengan menyanyikan lagu “Hari Merdeka”.
2.    Kegiatan Inti
a.    Guru menjelaskan materi mengenai sejarah bangsa Indonesia.
b.    Siswa diminta untuk mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit.
c.    Salah satu siswa diminta untuk membacakan teks proklamasi di depan kelas.
d.   Setiap siswa menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya secara bersama-sama dengan guru.
e.    Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-6 siswa secara heterogen.
f.     Siswa membaca teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia secara berkelompok.
g.    Perwakilan kelompok diminta untuk maju membaca teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
h.    Siswa berdiskusi untuk mengisi peta pikiran.
i.      Siswa mengembangkan informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan.
j.      Guru meminta salah satu perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya. Guru memberikan reward kepada kelompok yang menjawab dengan benar.
k.    Siswa melakukan permainan “BUSERTANG”.
l.      Gur memimpin jalannya permainan.
m.  Siswa yang bisa menjawab pertanyaan  dengan benar dan menyelesaikan permainan dengan cepat akan mendapatkan reward, sedangkan siswa yang kalah akan mendapatkan hukuman dengan menyanyikan lagu “Hari Merdeka” untuk meningkatkan semangat nasionalisme.
3.    Kegiatan Penutup
a.    Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik, kesan, dan pesan selama mengikuti pembelajaran serta motivasi.
b.    Guru Guru membagikan lembar evaluasi kepada siswa.
c.    Siswa mengerjakan soal evaluasi.
d.   Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa berdo’a dan mengucapkan salam.

I.         Penilaian 
1.         Teknik Penilaian
a.    Tes
Penilaian pengetahuan materi Bahasa Indonesia dengan tes tertulis (Uraian).
a.    Non tes
Penilaian sikap dan keterampilan siswa.
2.         Penilaian Diskusi
Bentuk penilaian : Penugasan
Instrumen penilaian : Rubrik
KD Bahasa Indoensia 3.4 dan 4.4
a.    Rubrik
b.    Format penilaian
No.
Nama
Kriteria
Jumlah
Skor Akhir
Mendengarkan
Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
Partisipasi (Menyampaiakan ide, perasaan, pikiran)
1.
Bagus





2.
Ida





3.






Dst.






c.    Penilaian unsur 5W+1H

3.         Penilaian sikap
No.
Nama
Perubanan Tingkah Laku
Cermat
Teliti
Kerja Sama
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
BT
MT
MB
M
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Bagus


ü   


ü   




ü   

2.
Ida

ü   





ü   


ü   

3.













4.













5.













Dst.














Keterangan :
BT (Belum Terlihat)                 : Skor 1, apabila siswa belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
MT (Mulai Terlihat)                  : Skor 2, apabila siswa sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang ditanyakan dalam indikator tetapi belum konsisten
MB (Mulai Berkembang)         : Skor 3, apabila siswa sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten.
MK (Membiasakan)                  : Skor 4, apabila siswa sudah memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten.





Mengetahui,
Kepala Sekolah,

( ___________________ )
NIP ..................................

Jepara, 12 Desember 2019
Guru Kelas VI

( ___________________ )
NIP ..................................







Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN 1
SUBTEMA 1 RUKUN DALAM PERBEDAAN

 
Lampiran 2
Text Box: KELOMPOK :
1.     
2.     
3.     
4.     
Rounded Rectangle: LEMBAR AKTIVITAS SISWAText Box: KELAS VI
SUB TEMA 1
PEMBELAJARAN 1
Description: Description: Picture1.jpg
 


























































Rounded Rectangle: ~ SELAMAT MENGERJAKAN JJJ ~
Do the best !!!
 



 Lampiran 3
KISI-KISI SOAL EVALUASI

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
No. Soal
1.
4.4  Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Informasi penting buku sejarah
Disajikan soal, siswa dapat menjelaskan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
C2

Uraian
1
2.
4.4  Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Informasi penting buku sejarah
Disajikan soal, siswa dapat mengidentifikasi peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
C1
Uraian
2
3.
4.4  Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Informasi penting buku sejarah
Disajikan soal, siswa dapat menjelaskan  peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
C2
Uraian
3
4.
4.4  Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Informasi penting buku sejarah
Disajikan soal, siswa dapat menemukan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
C3
Uraian
4
5.
4.4  Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Informasi penting buku sejarah
Disajikan soal, siswa dapat menjelaskan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
C2
Uraian
5
6.
4.4  Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Informasi penting buku sejarah
Disajikan soal, siswa dapat menjelaskan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
C2
Uraian
6
7.
4.4  Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Informasi penting buku sejarah
Disajikan soal, siswa dapat menyebutkan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
C1
Uraian
7
8.
4.4  Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Informasi penting buku sejarah
Disajikan soal, siswa dapat menyebutkan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
C1
Uraian
8
9.
4.4  Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Informasi penting buku sejarah
Disajikan soal, siswa dapat menjelaskan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
C2
Uraian
9
10.
4.4  Memaparkan  informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Informasi penting buku sejarah
Disajikan soal, siswa dapat menjelaskan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
C2
Uraian
10






Lampiran 4
LEMBAR EVALUASI SISWA

Rounded Rectangle: Nama  :
Kelas  :
No. Absen :
 




JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1.   Apa yang disampaikan Bung Karno pada hari kemerdekaan 17 Agustus 1945?
2. Siapa yang memproklamasikan kemerdekaan?
3. Mengapa kita harus memperingati hari kemerdekaan Indonesia ?
4. Dimana teks proklamasi ditulis?
5. Kapan teks proklamasi mulai dibacakan?
6. Bagaimana peristiwa kemerdekaan Indonesia itu terjadi?
7. Kapan kota Nagasaki dibom atom oleh sekutu?
8. Siapa yang menjahit bendera Merah Putih ?
9. Dimana teks proklamasi dibaca oleh Ir. Soekarno?
10. Bagaimana proses proklamasi berlangsung?






Oval: NILAI


~~~~ Selamat Mengerjakan ~~~~
JJJ Do the best!





Lampiran 5
KUNCI JAWABAN LEMBAR EVALUASI SISWA

1.        Proklamasi Kemerdekaan
2.        Bung Karno
3.        Untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan
4.        Dirumah Laksamana Tadaski Maida Jl Imam Bonjol No 1
5.        Pada hari Jum’at, tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB
6.        Diawali dengan jatuhnya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 dikota Hirosima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 dikota Nagasaki Jepang. Akhirnya menyerah kepada tentara sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa Jepang
7.        Tanggal 9 Agustus 1945
8.        Ibu Fatmawati
9.        Di kediaman Ir Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta
10.    Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Ir. Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks, kemudian pengibaran merah putih oleh sekutu



Rounded Rectangle: Nilai = Benar X 10
 






No comments

Powered by Blogger.