RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) BAHASA INDONESIA KELAS TINGGI
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Laporan ini
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran
Bahasa Indonesia SD Kelas Tinggi
Dosen
Pengampu Dwiana Asih Wiranti, M.Pd.
Kelas
5PGSDA2
Oleh
Kelompok 6
No
|
Nama
|
NIM
|
1.
|
Irfan Fathur Rahman
|
171330000051
|
2.
|
Ulfa Meila Efiana
|
171330000063
|
3.
|
Intan Ayu Lestari
|
171330000076
|
4.
|
Ahmad Wildan Faza
|
171330000088
|
5.
|
Avelia Ayu Diah Lestari
|
171330000091
|
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA
2019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN 01 Permata Bangsa
Kelas/Semester : IV (Enam)/1
Tema : Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan
Subtema : Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan
Pembelajaran : Pembelajaran 1
Alokasi Waktu : 1 Hari (2 x 35 Menit)
A. Kompetensi
Inti
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta
tanah air.
3. Memahami
pengetahuan factual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat
dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4. Menunjukkan
keterampilan berpikir dan bertindak
kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku
anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.4 Menggali
informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan
kosakata baku dan kalimat efektif.
C. Indikator
Bahasa Indonesia
3.4.1 Menentukan
informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana pada peta pikiran.
4.4.1 Mengidentifikasikan
informasi pada peta pikiran melalui tulisan.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menentukan informasi
penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
pada peta pikiran dengan tepat.
2. Setelah
berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan informasi pada peta pikiran melalui
tulisan dengan detail.
E. Materi
Pembelajaran
Informasi penting dari
teks dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
F. Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Metode
:
Ceramah, Diskusi, Penugasan, Tanya
Jawab, dan Permainan.
Pendekatan
:
Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi/Mencoba,
Mengasosiasi/Mengolah Informasi, dan Mengkomunikasikan).
Strategi
:
Pembelajaran
Peningkatan Kemampuan Berfikir
Model :
Cooperative
Learning tipe STAD (Student
Teams-Achievement Divisions).
G. Media,
Alat, dan Sumber Belajar
1. Media
a. Teks
bacaan sejarah
b. Media
pembelajaran “BUSERTANG (Buku Sejarah dan Ular Tangga”
c. Kertas
pertanyaan
2. Alat
a. Kardus
b. Sterofom
c. Double
tip
d. Dadu
e. Lem
f. Penggaris
g. Gunting
h. Spidol
i. Pin
j. Sampul
3. Sumber
Belajar
a. Buku
Pedoman Guru Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas VI (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
b. Buku
Siswa Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas VI (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Pendahuluan
a. Guru
mengucapkan salam, menyapa siswa, dan menanyakan kabar siswa.
b. Siswa
berdo’a bersama dengan dipimpin oleh salah satu siswa dan dibimbing oleh guru
kelas.
c. Guru
mengecek kehadiran siswa dengan melakukan absensi.
d. Guru
mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Indonesia Raya”.
e. Guru
menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai.
f. Guru
melakukan apersepsi dengan menanyakan mengenai sejarah kemerdekaan Indonesia.
g. Guru
memberikan motivasi kepada siswa untuk meningkatkan semangat nasionalisme
dengan menyanyikan lagu “Hari Merdeka”.
2. Kegiatan
Inti
a. Guru
menjelaskan materi mengenai sejarah bangsa Indonesia.
b. Siswa
diminta untuk mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu
menit.
c. Salah
satu siswa diminta untuk membacakan teks proklamasi di depan kelas.
d. Setiap
siswa menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya dan
mendiskusikan jawabannya secara bersama-sama dengan guru.
e. Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-6 siswa
secara heterogen.
f. Siswa
membaca teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia secara berkelompok.
g. Perwakilan
kelompok diminta untuk maju membaca teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
h. Siswa
berdiskusi untuk mengisi peta pikiran.
i. Siswa
mengembangkan informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan.
j. Guru
meminta salah satu perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya.
Guru memberikan reward kepada kelompok yang menjawab dengan benar.
k. Siswa
melakukan permainan “BUSERTANG”.
l. Gur
memimpin jalannya permainan.
m. Siswa
yang bisa menjawab pertanyaan dengan
benar dan menyelesaikan permainan dengan cepat akan mendapatkan reward,
sedangkan siswa yang kalah akan mendapatkan hukuman dengan menyanyikan lagu
“Hari Merdeka” untuk meningkatkan semangat nasionalisme.
3. Kegiatan
Penutup
a.
Guru
mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa
tentang hal-hal yang dirasakan siswa, materi yang belum dipahami dengan baik,
kesan, dan pesan selama mengikuti pembelajaran serta motivasi.
b.
Guru Guru
membagikan
lembar evaluasi kepada siswa.
c.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
d.
Guru
menutup pelajaran dengan mengajak siswa berdo’a dan
mengucapkan salam.
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Tes
Penilaian pengetahuan
materi Bahasa Indonesia dengan tes tertulis (Uraian).
a. Non
tes
Penilaian sikap dan
keterampilan siswa.
2.
Penilaian Diskusi
Bentuk penilaian :
Penugasan
Instrumen penilaian :
Rubrik
KD Bahasa Indoensia 3.4
dan 4.4
a. Rubrik
b. Format
penilaian
No.
|
Nama
|
Kriteria
|
Jumlah
|
Skor
Akhir
|
||
Mendengarkan
|
Komunikasi
nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)
|
Partisipasi
(Menyampaiakan ide, perasaan, pikiran)
|
||||
1.
|
Bagus
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ida
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
c. Penilaian
unsur 5W+1H
3.
Penilaian sikap
No.
|
Nama
|
Perubanan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Cermat
|
Teliti
|
Kerja
Sama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
BT
|
MT
|
MB
|
M
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Bagus
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
|
|
|
ü
|
|
2.
|
Ida
|
|
ü
|
|
|
|
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT
(Belum Terlihat) : Skor 1,
apabila siswa belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indikator.
MT
(Mulai Terlihat) : Skor
2, apabila siswa sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku
yang ditanyakan dalam indikator tetapi belum konsisten
MB
(Mulai Berkembang) : Skor 3,
apabila siswa sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten.
MK
(Membiasakan) : Skor 4,
apabila siswa sudah memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator
secara konsisten.
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Jepara, 12 Desember 2019
Guru Kelas VI
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Lampiran
1
MATERI
PEMBELAJARAN 1
SUBTEMA
1 RUKUN DALAM PERBEDAAN
Lampiran
2
Lampiran 3
KISI-KISI
SOAL EVALUASI
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Level
Kognitif
|
Bentuk
Soal
|
No.
Soal
|
1.
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan
penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Informasi
penting buku sejarah
|
Disajikan
soal, siswa dapat menjelaskan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
|
C2
|
Uraian
|
1
|
2.
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan
penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Informasi
penting buku sejarah
|
Disajikan
soal, siswa dapat mengidentifikasi peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
|
C1
|
Uraian
|
2
|
3.
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan
penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Informasi
penting buku sejarah
|
Disajikan
soal, siswa dapat menjelaskan peta
pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
|
C2
|
Uraian
|
3
|
4.
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan
penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Informasi
penting buku sejarah
|
Disajikan
soal, siswa dapat menemukan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
|
C3
|
Uraian
|
4
|
5.
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan
penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Informasi
penting buku sejarah
|
Disajikan
soal, siswa dapat menjelaskan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
|
C2
|
Uraian
|
5
|
6.
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan
kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Informasi
penting buku sejarah
|
Disajikan
soal, siswa dapat menjelaskan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
|
C2
|
Uraian
|
6
|
7.
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan
penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Informasi
penting buku sejarah
|
Disajikan
soal, siswa dapat menyebutkan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
|
C1
|
Uraian
|
7
|
8.
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan
penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Informasi
penting buku sejarah
|
Disajikan
soal, siswa dapat menyebutkan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
|
C1
|
Uraian
|
8
|
9.
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan
penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Informasi
penting buku sejarah
|
Disajikan
soal, siswa dapat menjelaskan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
|
C2
|
Uraian
|
9
|
10.
|
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan
penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
|
Informasi
penting buku sejarah
|
Disajikan
soal, siswa dapat menjelaskan peta pikiran berdasarkan 5W+1H pada teks
|
C2
|
Uraian
|
10
|
Lampiran 4
LEMBAR EVALUASI SISWA
JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Apa
yang disampaikan Bung Karno pada hari kemerdekaan 17 Agustus 1945?
2.
Siapa yang memproklamasikan kemerdekaan?
3.
Mengapa kita harus memperingati hari kemerdekaan Indonesia ?
4.
Dimana teks proklamasi ditulis?
5.
Kapan teks proklamasi mulai dibacakan?
6.
Bagaimana peristiwa kemerdekaan Indonesia itu terjadi?
7.
Kapan kota Nagasaki dibom atom oleh sekutu?
8.
Siapa yang menjahit bendera Merah Putih ?
9.
Dimana teks proklamasi dibaca oleh Ir. Soekarno?
10.
Bagaimana proses proklamasi berlangsung?
~~~~
Selamat Mengerjakan ~~~~
JJJ
Do the best!
Lampiran 5
KUNCI JAWABAN LEMBAR
EVALUASI SISWA
1.
Proklamasi
Kemerdekaan
2.
Bung
Karno
3.
Untuk
menghargai jasa-jasa para pahlawan
4.
Dirumah
Laksamana Tadaski Maida Jl Imam Bonjol No 1
5.
Pada
hari Jum’at, tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB
6.
Diawali
dengan jatuhnya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus
1945 dikota Hirosima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 dikota Nagasaki Jepang.
Akhirnya menyerah kepada tentara sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan
oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan bangsa
Jepang
7.
Tanggal
9 Agustus 1945
8.
Ibu
Fatmawati
9.
Di
kediaman Ir Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No 56 Jakarta
10. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi
oleh Ir. Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks, kemudian pengibaran
merah putih oleh sekutu
Leave a Comment